Jumat, 31 Mei 2019

Kesenian Pencak Silat

Kesenian Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu jenis beladiri yg sudah cukup tua umur nya tetapi sampai saat ini belum kita dapat kan secara pasti kapan dan oleh siapa pencak silat itu di ciptakan, “silat” berasal dari jawabarat itu hanya sebagai sebutan didaerah saja seperti di minang disebut nya “sile” perbedaan pecak dan silat , pencak adalah permainan pancak kaki sedangkan silat adalah silaturahmi sehingga tercipta sebutan pecak silat .

Sejarah :

·         Zaman kerajaan hindu dan budha
Pada 1-Tsing hidup 7 orang guru agama budha yg amat terkenal dan salah seorang diantara nya adalah syakyakirti yg berdiam di sriwijaya kesemua nya itu membuktikan, betapa tinggi nya kebudayaan indonesia terutama di bidang sastra dan rohaniah serta adaanya interaksi kebudayaan antara bangsa-bangsa. Pada umum nya pendeta budha pada waktu itu seperti kiyai-kiyai sekarang, mahir juga dalam ilmu silat yg menjadi bagian dari ilmu rohaninya. Bahwa semua jenis beladiri di asia itu bersumber di daratan asia selatan terutama di pusat-pusat agama hindu budha karena silat itu selalu beranzaskan agama, kerohanian, dan kebatinan, sedangkan pencak nya atas gerak dasarnya mengambil cara beladiri dari hewan.
·         Zaman kerajaan islam
               Pada zaman prabu Erlangga dikerjaan kahuripan, yg terleak antara sidoarjo-porong tahun     1019-1041, pencak silat disebut Eh Hok Hik yg arti nya “maju melangkah memukul” Prabu Erlangga adalah seprang pendekar yg ulung. Memang pada zaman dahulu para raja bangsawan, kesatria dan praajurit wajib memiliki ilmu beladiri, makin tinggi kedudukan seseorang, mein tinggi pula lah kecakapaan beladiri nya. Termansyurlah kecakapan Prabu Jayanegara dengan pengawal kraaton nya yg disebut Bhayangkari, yg merupakan  himpunan dari para pendekar dan kesatria yg memiliki dan digembleng dalam ilmu beladiri yg tangguh.
Perkembangan aspek seni dan beladiri
Dalam perkembangan nya pencak silat mempunyai banyak banyak corak dan ragam nya yg dipengaruhi oleh berbagai sifat etnisdan alam lingkungan yg berbeda namun mempunyai kesatuan kebudayaan. Seni ialah hasil budi daya manusia yg didasarkan pada ilmu, ketrampilan dan bakat untuk mencapai tujuan atau perasaan secara optimal.
Pencak silat ditinjau dari sudut seni, harus mempunyai keselarasan,keserasian dan keseimbangan antara Wirama, Wirasa, dan Wiraga atau dengan kata lain adanya keserasian antara estetika dan irama. Di dalam Pencak Silat aspek seni, diajarkan ada dan sopan santun dengan langkah-langkah persembahan untuk memberikan penghormatan kepada yg patut dihormati, menanamkan perasaan yg halus dengan tangan yg lemah gemulai, tetapi sewaktu-waktu dapat bersifat kasar dan keras..
Perkembangan aspek olahraga
Olahraga merupakan salah satu aspek dari pencak silat, dimana bila kita memperhatikan sikap dan gerak nya, dilakukan kaidah-kaidah tertentu, yg teratur dan sistematis, serta mempunyai tujuan-tujuan yg tertentu pula, memungkin kan seluruh anggota badan dapat bergerak dan terlatih dengan teratur dan seimbang, sehingga merupakan suatu kegiatan jasmani, suatu pergerakan badan yg menyeluruh, dengan gerakan yg harmonis, sehingga mempunyai nilai-nilai olahraga dan termasuk olahraga yg sempurna, dibanding beladiri yg lain, karena disamping olahraga, maka aspek seni tidak  akan ditinggal bahkan merupakan penunjang utama.
Fungsi Pencak silat
·         Olahraga , semua anggota badan digerakan serta memelihara kesehatan badan, karena alat-alat organ tubuh aktif dan berlaatih, seperti paru-paru, jantung, kelenjar-kelenjar otot, pasca indra lain-lain.
·         Hiburan , silat juga bisa dikatakan hiburan karena silat bisa dikolaborasi kan dengaan alat musik Kendang anak, Kendang indung, Tarompet, Goong
·         Beladiri, silat bisa digunakan sebagai media beladiri disaat ada ancaman
Jurus – jurus
·         Kuda-kuda
·         Takis / Tangkis
·         Peupeuh
·         Beusot
·         Sikap pasang
·         Bandul , dll

Penulis : Anita Nur Rahma

Sumber materi  :Atep supriatna ig;@ateppamanah, buku sejarah perkembangan pencak silat oleh Drs.H. Hisbullah Rachman
Sumber gambar :@deanrivaldi_

Tidak ada komentar: